Minggu, 20 November 2011

monitor

Monitor



Sebuah monitor atau layar (kadang-kadang disebut unit tampilan visual) adalah suatu tampilan visual elektronik untuk komputer. Monitor terdiri dari perangkat tampilan, sirkuit, dan kandang. Perangkat tampilan di monitor modern biasanya thin film transistor liquid crystal display (TFT-LCD) panel tipis, sedangkan monitor yang lebih tua menggunakan tabung sinar katoda tentang sedalam size.Originally layar monitor komputer yang digunakan untuk pengolahan data dan penerima televisi untuk hiburan, semakin komputer sedang digunakan baik untuk pengolahan data dan hiburan dan TV mengimplementasikan beberapa fungsionalitas khas komputer. Menampilkan eksklusif untuk menggunakan data cenderung memiliki rasio aspek 4:3; yang digunakan juga (atau semata-mata) untuk hiburan biasanya layar lebar 16:9, Kadang-kadang kompromi yang digunakan, misalnya 16:10
Ukuran :
Ukuran tampilan sekitar empat persegi panjang biasanya diberikan sebagai jarak antara dua sudut layar yang berlawanan, yaitu diagonal dari persegi panjang. Satu masalah dengan metode ini adalah bahwa hal itu tidak mempertimbangkan aspek rasio layar, sehingga misalnya 16:09 21 (53 cm) layar lebar jauh lebih tinggi, dan memiliki luas kurang dari 21 tahun (53 cm) 04:03 layar. 04:03 Layar memiliki dimensi 16,8 × 12,6 di (43 × 32 cm) dan area persegi di 211 (1.360 cm2), sedangkan layar lebar adalah 18,3 × 10,3 tahun (46 × 26 cm), 188 persegi di (1.210 cm2) . Untuk berbagai tujuan tinggi layar merupakan parameter utama, sebuah layar 16:09 membutuhkan 22% lebih besar dari diagonal layar 4:3 untuk ketinggian yang sama.
Metode pengukuran merupakan warisan dari metode yang digunakan untuk generasi pertama televisi CRT, ketika gambar tabung dengan wajah bundar yang umum dipakai. Menjadi lingkaran, hanya diameter mereka dibutuhkan untuk menggambarkan ukuran mereka. Karena tabung lingkaran digunakan untuk menampilkan gambar persegi panjang, pengukuran diagonal persegi panjang adalah setara dengan diameter wajah tabung itu. Metode ini terus berlanjut bahkan ketika sinar katoda tabung yang diproduksi sebagai persegi panjang bundar; itu keuntungan menjadi satu nomor menetapkan ukuran, dan tidak membingungkan jika rasio aspek itu universal 4:3.
 
Kinerja monitor diukur dengan parameter berikut : 

- Luminance diukur dalam candelas per meter persegi (cd/m2 juga disebut Nit). 
- Ukuran gambar Cocok diukur secara diagonal. Untuk CRT, ukuran dapat dilihat biasanya 1 yang lebih kecil (25 mm) dibandingkan tabung itu sendiri.
 
- Aspek rasio adalah rasio panjang horisontal dengan panjang vertikal. 04:03 adalah rasio aspek standar, misalnya, sehingga layar dengan lebar 1024 piksel akan memiliki tinggi 768 piksel. Jika layar lebar memiliki rasio aspek 16:9, layar yang lebar 1024 piksel akan memiliki tinggi 576 piksel.

- Resolusi Tampilan adalah jumlah piksel yang berbeda pada setiap dimensi yang dapat ditampilkan. Resolusi maksimum dibatasi oleh dot pitch. - Dot pitch adalah jarak antara subpiksel dari warna yang sama dalam milimeter. Secara umum, semakin kecil dot pitch, makin tajam gambar akan muncul. 
 - Refresh rate adalah berapa kali dalam satu detik yang menampilkan menyala. Refresh rate maksimum dibatasi oleh waktu respon.
 
- Waktu Respon adalah waktu pixel di monitor yang diperlukan untuk pergi dari aktif (hitam) untuk tidak aktif (putih) dan kembali ke aktif (hitam) lagi, diukur dalam milidetik. rendah berarti angka transisi lebih cepat dan karena itu lebih sedikit artefak gambar terlihat. - Contrast ratio adalah rasio dari luminositas warna terang (putih) dengan yang warna gelap (hitam) yang monitor mampu menghasilkan. 

- Konsumsi daya diukur dalam watt. 
 - Melihat sudut adalah sudut maksimal di mana gambar pada monitor bisa dilihat, tanpa degradasi berlebihan pada gambar. Hal ini diukur dalam derajat horizontal dan vertikal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar