Sabtu, 26 November 2011

Macam-macam Hacker dan sejarahnya

Hacker memiliki beberapa "Spesies/Variant/Turunan" yang bermacam-macam yaitu:
-Freak 
-White Hat
-Black Hat
-Gray Hat
-Hacktivism


Phreak (baca: Freak). Bisa disebut juga disebut sebagai 'spesies' lain dari hacker. Phreak adalah hacker yang tertarik dan memiliki kemapuan dalam mengusai sistem telepon. Satu hal yang membedakan Phreak dengan Hacker adalah, jika hacker adalah orang yang sangat tertarik dalam menguasai teknologi komputer maka phreak adalah orang-orang yang tertarik dengan sistem telepon. Oleh sebab itu Phreak adalah Hacker.

White Hat dan Black Hat. Istilah White Hat yang mengacu pada para Hacker pertama kali digunakan pada tahun 1996 ketika diadakannya konferensi Black Hat di Las Vegas. Konferensi Black Hat adalah pertemuan para ahli IT sedunia yang diadakan setahun sekali. Konferensi ini diselenggarakan oleh seorang hacker bernama Jeff Moss a.k.a DarkTangent dimana dalam konferensi ini Para hacker atau para black hat mempresentasikan pengethuannya dihadapan para professional security. Terminologi Black hat dan white hat sebenarnya mengacu pada 'hacker jahat' dan 'hacker baik'. Istilah black hat diambil dari figure sorang tokoh penjahat dalam film-film klasik holywood yang selalu menggunakan topi hitam. Black hat sering digunakan untuk para hacker yang menggunakan kemampuannya untuk melakukan kriminal. Namun, tidak semua orang setuju dengan hal ini karena dalam dunia hacker sangat tipis perbedaan baik dan jahat. Misalnya seorang hacker menganggap bahwa kegiatannya membobol sistem adalah baik jika di pandang dari segi keamanan sistem karena dengan melakukan pembobolan maka dapat diketahui kelemahan sistem sehingga dapat dilakukan perbaikan dan menciptakan sistem yang lebih baik. Namun tidak begitu halnya dengan para ahli security (white hat), mereka cendrung berpendapat bahwa ekploitasi atas sebuah sistem dan segala informasi yang terkait dengannya haruslah ditutupi untuk kalangan vendor saja dan tidak layak untuk di publikasikan ke masyarakat umum. Karena dua pandangan yang berseberangan inilah para hacker tersebut terbagi menjadi dua kelompok yaitu black hat dan white hat.

Gray Hat. Adalah Para Hacker yang menganut paham Full Disclosure. Dimana mereka percaya bahwa dunia tidaklah di bagi menjadi hitam dan putih saja. Para gray hat percaya bahwa setiap individu bertanggung jawab terhadap hal yang dilakukannya. Mereka menganggap bahwa setiap informasi adalah bebas (full disclosure), bebas dipublikasikan untuk kepentingan masyarakat. Mereka tidak menilai para black hat selalu jahat dan white hat selalu baik. berikut ini adalah kutipan dari perkataan seorang hacker gray hat bernama Weld Pond yang merupakan anggota kelompok gray hat  :

"First off, being grey does not mean you engage in any criminal
activity or condone it. We certainly do not. Each individual is
responsible for his or her actions. Being grey means you recognize
that the world is not black or white. Is the French Govt infowar
team black hat or white hat? Is the U.S. Govt infowar team black
hat or white hat? Is a Chinese dissident activist black hat or white
hat? Is a US dissident activist black hat or white hat? Can a black
hat successfully cloak themselves as a white hat? Can a white hat
successfully cloak themselves as a black hat? Could it be that an
immature punk with spiked hair named “evil fucker” is really a
security genius who isn’t interested in criminal activity? Typically,
a white hat would not fraternize with him.
Seems like there is a problem if you are going to be strictly
white hat. How are you going to share info with only white hats?
What conferences can you attend and not be tainted by fraternizing
with black hats? The black hats are everywhere. We don’t want to
stop sharing info with the world because some criminals may use it
for misdeeds.
-Weld-


Hacktivism. Adalah para hacker yang menggunkan kemampuan hackingnya untuk tujuan politik tertentu. Contoh kasus hacktivism misalnya pada situs Klux Klux Klan yang dideface dengan menampilkan pidato Dr.marthin Luther King Jr. Atau deface ( mengganti halaman depan sebuah web ) dengan menampilkankalimat-kalimat berbau politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar